Senin, 05 Maret 2018

TERNYATA DOSA NGARUH BANGET BUAT KEHIDUPAN KITA

TERNYATA DOSA NGARUH BANGET BUAT KEHIDUPAN KITA
Oleh : Simam Waih


Apakah kalian pernah tertimpa musibah, cobaan atau masalah ternyata itu semua tak Kalau gk percaya nih ada ayatnya وَمَا أَصَابَكُم مِّن مُّصِيبَةٍ فَبِمَا كَسَبَتْ أَيْدِيكُمْ وَيَعْفُو عَن كَثِيرٍ [٤٢:٣٠]وَمَا أَنتُم بِمُعْجِزِينَ فِي الْأَرْضِ ۖ وَمَا لَكُم مِّن دُونِ اللَّهِ مِن وَلِيٍّ وَلَا نَصِيرٍ [٤٢:٣١]
Yang artinya : Dan apa saja musibah yang menimpa kamu maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah memaafkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu). 42: 30 Dan kamu tidak dapat melepaskan diri (dari azab Allah) di muka bumi, dan kamu tidak memperoleh seorang pelindung dan tidak pula penolong selain Allah. 42 : 31 ( Asy-Syuura aya 30 &31 ) .

Jadi apapun musibah yang menimpa kita dari musibah yang besar atau musibah yang kecil sekalipun tak lain dan tak bukan itu semua karena dosa-dosa kita seperti bisnis kita bangrut, dipecat dari kerjaan, sakit, keluarga kita kacau, ditipu orang, kecelakaan, barang berharga hilang, konflik sama kerabat, ujian kgak lulus”, ditinggal orang yang kita sayang ( dikhianati ) sampai musibah yang kecil misalnya kesandung, kecedot, kepleset, atau juga para wanita nih lagi pake kerudung ketusuk jarum pentul tangannya itu juga merupakan gambaran dosa kita. 



Suatu hari Nabi SAW sedang duduk dan makan dengan Abu Bakar R.A,tiba-tiba turun ayat 
فَمَن يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ خَيْرًا يَرَهُ [٩٩:٧]وَمَن يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ شَرًّا يَرَهُ [٩٩:٨] 
Yang artinya : Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya.99 : 7 Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan sebesar dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya pula. 99 : 8 . al-Zalzalah ayat 6 & 7 )
Lalu setelah wahyu turun Nabi SAW membacakan ayat ini kepada Sahabat, lalu Abu Bakar yang sedang makan tadi langsung berhenti dan memucat wajahnya ia pun bertanya “ Ya Rasullah kalau kita buat dosa sekecil apapun apakah kita akan melihatnya langsung?” Nabi Berkata “ Ya Abu Bakar” “ lalu bagaimana kita melihatnya Ya Rasullah?” Setiap kali kamu mendapatkan keburukan dalam hidupmu itu adalah wujud dari dosa-dosa yang telah kamu lakukan, karena Allah mengampuni dosa-dosa hambanya dengan memberikanya musibah. 
Jadi Allah ingin mengampuni dosa kita ada 3 cara. Yang pertama : dengan cara kita bertobat atau memperbanyak istighfar, kedua : dengan cara beramal sholeh seperti memperbanyak sholat dan puasa sunnah, memperbanyak membaca tasbih, tahmid dan sholawat. Dan yang ketiga kalau kita kurang Amal istighfar dan amal sholehnya juga sedikit. Maka Allah mengampuni dosa kita dengan cara memberikan musibah. Itulah sebabnya mengapa kita dianjurkan memperbanyak Istighfar, karena kata para ‘Ulama berkata Istighfar merupakan jaminan buat ahli bumi, barang siapa yang memperbanyak istighfar maka dijamin oleh Allah terhindar dari banyak masalah, karena tidak muncul suatu masalah kecuali karena dosa-dosa kita.

Oleh karena itu kawan, saat kita mendapatkan masalah atau cobaan, jangan pernah berkata Allah itu kgak adil, kenapa musibah seperti ini datang kepada kita. Kita merasa orang yang paling sengsara, orang yang paling dicurangi oleh Allah. Tetapi, cobalah instropeksi diri apa dosa dan kesalahan kita terhadap Allah atau terhadap manusia, lalu bertobatlah dan perbanyaklah Istighfar karena Allah maha pengampun lagi maha maha penyayang. Saya pribadi mohon maaf atas kesalahan saya atau kehilafan saya kepada siapa saja yang pernah marah, tersinggung, gak enak hati atau apalah atas perbuatan dan perkatan saya yang disengaja atau yang tidak sengaja. Karena الانسان محل الخطا و النسيان ( hehe dalil andalan )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar